Perbedaan TV LCD dan LED

Salah satu media yang memiliki banyak fungsi adalah TV. Selain memiliki fungsi sebagai hiburan, TV juga memiliki fungsi sebagai media informasi dan banyak fungsi lainnya. TV juga terdiri dari beberapa jenis, dua di antaranya yaitu TV LCD dan TV LED. Sayangnya, saat ini masih banyak orang yang tidak mengetahui perbedaan kedua jenis TV tersebut. Pada artikel ini, kami akan membahas mengenai TV LCD dan TV LED beserta kelebihan dan kekurangannya masing-masing agar Anda bisa mengetahui perbedaan antara keduanya.

TV LCD
TV LCD adalah sebuah televisi yang layarnya merupakan panel display. Panel display pada layar TV LCD ini dapat memantulkan cahaya dari luar ketika proses penampilan gambar. TV LCD ini memanfaatkan backlight sehingga mampu memberikan pantulan cahaya.

TV LED
TV LED merupakan sebuah televisi yang dapat memancarkan cahaya ketika mendapat arus bias maju dengan menggunakan teknologi dioda. Jika TV LCD menggunakan backlight untuk memberikan pantulan cahaya, TV LED menggunakan teknologi dioda. Artinya, LED ini akan menghasilkan cahaya ketika diberikan tegangan listrik dengan konfigurasi forward bias.

Perbedaan TV LCD dan TV LED
TV LED sebenarnya merupakan hasil dari pengembangan teknologi TV LCD. Meskipun begitu, hasil dari pengembangan ini memiliki banyak perbedaan dari pendahulunya. Ada beberapa fakta unik mengenai TV LED yang dapat Anda ketahui termasuk beberapa perbedaan antara TV LCD dan TV LED seperti di bawah ini :

1. Harga
Kedua jenis TV ini memiliki harga yang berbeda. TV LCD memiliki harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan TV LED. TV LCD ini mulai turun harga sejak TV LED mulai banyak dipasaran dan telah menjadi daya tarik bagi masyarakat. Jika Anda mencari TV dengan harga yang lebih terjangkau. Maka TV LCD adalah pemenangnya. TV LED memiliki harga yang relatif lebih mahal dikarenakan memiliki teknologi yang lebih baru dan lebih mumpuni daripada TV LCD. Jadi, wajar saja jika TV ini lebih mahal. Anda bisa mengetahui harga TV LED murah dan terbaru di Merdeka.com.

2. Kualitas Gambar
Hal selanjutnya yang patut dibandingkan dari TV LCD dan TV LED adalah kualitas gambar yang dihasilkan oleh dua jenis TV ini. TV LED lebih mampu gambar dan kontras yang lebih baik. Anda bisa melihat perbedaan ini dengan mudah jika melihat kedua TV ini ditampilkan secara berdampingan. Hal ini dikarenakan TV LCD menggunakan teknologi CCFL sebagai sumber cahaya sementara TV LED menggunakan Light Emiting Diode (LED).

Selain itu, TV LED juga menghasilkan warna yang lebih kaya karena lebih kompleks dalam pemilihan warna. Sedangkan TV LCD tidak mampu menghalangi semua cahaya yang muncul dari backlight dan TV LED mampu menahan sebagian cahaya tersebut. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan kualitas gambar yang lebih tajam, warna lebih terang dan lebih baik pada TV LED.

3. Konsumsi Daya Listrik
Dalam hal konsumsi daya listrik, TV LCD dan TV LED jelas jauh lebih unggul dibandingkan dengan TV tabung. Tapi jika kedua TV ini dikomparasikan, maka TV LED lebih hemat dalam menggunakan daya listrik daripada TV LCD. TV LCD menggunakan material liquid crystal display sedangkan TV LED menggunakan light emiting diode. Material yang digunakan tersebut sebenarnya tidak terlalu membutuhkan daya listrik yang besar untuk bisa aktif. Namun daya yang diperlukan oleh TV LCD 20 hingga 30% lebih besar daripada TV LED. Jika Anda ingin melakukan penghematan daya listrik dengan mencari TV dengan konsumsi daya listrik lebih sedikit, maka TV LED merupakan pilihan yang paling tepat untuk menjawab kebutuhan Anda tersebut.

4. Ketebalan Layar
Perbedaan selanjutnya yang dapat ditemukan dari TV LCD dan TV LED ini adalah ketebalan layarnya. Jika dilihat secara sekilas, layar TV LCD dan TV LED ini tidak memiliki perbedaan ketebalan yang terlalu signifikan. Tapi jika Anda perhatikan secara seksama, Anda akan menemukan perbedaan ketebalan layar pada kedua jenis TV ini. TV LED memiliki layar yang lebih tipis dibandingkan dengan TV LCD. TV LED menggunakan material yang lebih tipis dengan bahan dasar utama cairan. Perbedaan material ini yang akhirnya membuat wadah penampungan kedua TV ini berbeda dan TV LCD sedikit lebih tebal dibandingkan dengan TV LED. Dengan ukuran yang lebih ramping, maka TV LED akan lebih ringan ketika dibawa, dan tidak membutuhkan ruang yang sangat besar ketika akan meletakkan TV jenis ini.

5. Daya Tahan
Perbedaan lainnya dari TV LCD dan TV tabung ini adalah daya tahan yang dimiliki oleh masing-masing TV. TV LED memiliki daya tahan yang lebih baik daripada TV LCD. Faktor yang memengaruhi hal ini adalah teknologi yang digunakan untuk pencahayaan pada TV ini tidak membutuhkan konsumsi daya yang besar. Karena daya yang dikonsumsi relatif rendah, maka panel LED yang terdapat dalam TV ini cenderung lebih dingin dan tahan lama. Tentunya setiap orang menginginkan TV yang lebih tahan lama dan tidak mudah rusak.

Sayangnya, jika pada akhirnya TV LED mengalami kerusakan, maka akan sulit dalam memperbaiki TV jenis ini. Anda akan membutuhkan biaya yang cukup besar untuk melakukan penggantian spare part yang rusak. Biaya yang diperlukan untuk melakukan perbaikan ini hampir setara dengan harga TV LED yang baru. Dengan demikian, banyak orang yang lebih menyarankan untuk membeli TV baru ketimbang melakukan perbaikan pada TV LED. Karena itu, Anda perlu melakukan perawatan TV LED dengan baik agar tidak mudah terjadi kerusakan.

6. Fungsi untuk Gaming
Bagi Anda yang menyukai aktivitas gaming dan memiliki niat untuk menghubungkan konsol ke monitor TV, maka TV LCD merupakan pilihan yang lebih baik daripada TV LED. Untuk jangka waktu yang lebih panjang, TV LCD lebih direkomdasikan untuk aktivitas gaming karena beberapa faktor. Salah satu faktornya yaitu elemen head-up display (HUD) di beberapa video dapat menciptakan gambar- gambar permanen di layar jika dilakukan untuk jangka waktu yang lama. Pada TV LCD burn-in memiliki kemungkinan yang sangat kecil terjadi pada TV LED.

7. Refresh dan Response Rate
Hal terakhir yang berbeda dari TV LCD dan TV LED adalah refresh dan response rate dari keduanya. Dibandingkan dengan TV LCD, TV LED memiliki refresh dan response rate yang lebih tinggi. Harga yang ditawarkan oleh TV LED ini bisa dikatakan sepadan dengan kualitas yang diberikannya. Anda bisa menonton dengan sangat baik dari TV LED.

Dari penjelasan mengenai perbedaan TV LCD dan TV LED di atas, dapat kita simpulkan bahwa TV LED menawarkan lebih banyak kelebihan dibandingkan dengan TV LCD. Namun sayangnya, Anda memerlukan budget yang lebih besar untuk mendapatkan TV jenis ini. Selain itu, biaya perbaikan TV LED juga relatif mahal jika terjadi kerusakan pada TV LED.

Post A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *